bersepeda merupakan pola hidup yang baik

~POLA HIDUP SEHAT~




  Bersepeda, Sarana Rekreasi
 Menuju Pola Hidup Yang Baik
#AksiSehatCeria



Bersepeda merupakan salah ssatu dari sekian banyaknya olahraga yang disenangi oleh semua usia. Selain sebagai untuk sarana berekreasi, bersepeda secara rutin setiap hari tepatnya di pagi dan sore hari dengan jarak tempuh yang sedang sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Bahkan hampir sama dengan orang yang berolahraga di tempat fitnes, wow pastinya sangat efektif sekali jika dibandingkan berolahraga di tempat fitnes yang mengeluarkan uang, lebih baik bersepeda sembari berefreshing dan berekreasi melihat lingkungan sekitar.

Tidak hanya menurunkan berat badan, bersepeda juga memiliki banyak sekali manfaat bagi orang yang melakukannya, di antaranya

1. Meningkatkan kekuatan otot


Olahraga satu ini juga banyak melibatkan anggota tubuh saat bersepeda. Jika dilakukan dengan rutin, maka tingkat kekuatan dan kefleksibelan otot akan semakin bertambah terutama di area bagian anggota kaki serta paha. Selain itu juga dapat melatih keseimbangan anggota tubuh.

2. Menurunkan berat badan


Selain dengan mendonorkan darah untuk menurunkan berat badan, bersepeda juga dapat membakar kalori serta menigkatkan metabolisme pada tubuh karena semua anggota tubuh berkerja secara bersamaan pada saat bersepeda. 
Pembakaran kalori pada tubuh juga sangat baik untuk menjaga tubuh tetap ideal jika diimbangi pula dengan memakan makanan yang sehat dan bergizi.

3. Memiliki kesehatan paru-paru yang baik 


Sebuah penelitian oleh Healthy Air Campaign, Kings Collage Londen dan Camden Council memasang detektor polusi udara pada pengemudi, pengguna bus, pejalan kaki dan pengendara sepeda pada rute sibuk yang melalui pusat kota london.
Hasilnya menujukkan bahwa pengemudi mengalami tingkat polusi lima kali lebih tinggi daripada pesepeda, serta tiga setengah lebih banyak dari pejalan kai dan dua stengah lebih banyak dari pengguna bus.
   
4. Menurunkan stres


Saat bersepeda, seseorang akan memberikan rasa kenyamanan dan suasana hati yang gembira serta rasa stres serta emosi yang berada di dalam tubuh akan berkurang dan hilang dengan sendirinya.
Rasa nyaman yang muncul ditimbulkan dari bersepeda karena tubuh pada saat itu mengeluarkan hormon endorfin, yaitu hormon yang dapat membuat rasa sakit dan beban akan berkurang. Tetapi jika ingin mengeluarkan hormon tersebut haruslah dipicu terus, salah satunya dengan bersepeda.

5. Menghentikan penyakit jantung dan kanker


Dengan bersepeda juga dapat menigkatkan detak jantung dan memompa darah ke seluruh tubuh. National Health Service (NHS) juga merekomendasikan bersepeda sebagai pilihan dari berbagai bentuk latihan untuk mengurangi resiko terkena penyakit utama, seperti penyakit jantung dan kanker.




Periksa Keamanan


 
Manfaat dari bersepeda sangatlah banyak, namun seringkali banyak orang menganggap remeh dari keselamatan serta keamanan bersepeda itu sendiri. Tanpa adanya keamanan sertra keselamatn, tentu sia-sialah usaha kita dalam menjaga kesehatan tubuh. Untuk itu, perhatikan tips keamanan serta keselamatan berikut ini;

1. Periksa keadaan sepeda


Kebanyakan orang menganggap sepele perkara ini. Padahal jikalau kita tidak melihat keadaan sepeda terlebih dahulu dampaknya juga akan berimbas pada kita sendiri. Memeriksa keadaan sepeda dapat dilihat dari keadaan ban, rem sepeda serta rantai.


2. Pakailah alat pelindung 

 
Jika kalian tidak menginginkan hal-hal yang buruk terjadi, maka pakailah alat pelindung berupa helm serta pelindung lutut dan siku sehingga ketika anda terjatuh efeknya tidak terlalu fatal.


3. Jaga sikap dalam berkendara 


Tidak jauh halnya dengan membawa kendaraan motor, berkendara dengan sepeda juga harus dapat menjaga sikapnya dengan baik, salah satunya dengan menaati rambu lalu lintas yang ada.

Mengenai pola hidup sehat ini, saya juga browsing di situs kesehatan https://bit.ly/2xCxrjL. Di sana kita akan menemukan banyak sekali informasi terkait dengan pola hidup yang sehat. 
Serta untuk mengenai hal-hal yang berkaitan dengan donor darah saya membrowsing di situs kesehatan https://bit.ly/2xDrdAi.
Di dalam situs tersebut kita akan banyak menemukan informasi seputar donor darah dan manfat-manfaat yang di dapat dari donor darah. Ayo, ciptakan hari tua yang bahagia dengan pola hidup sehat dari sekarang. 











Komentar

Postingan Populer