manfaat air putih

~ POLA HIDUP SEHAT ~


Manfaat Air Putih 
#AksiHidupSehat

Air merupakan salah satu kebutuhan pokok yang sangat penting bagi makhluk hidup terlebih manusia. Sebab jika tubuh kekurangan cairan, maka tubuh akan mengalami dehidrasi dan juga akan memperlambat sistem kerja metabolisme tubuh.

Namun air putih yang bagus dan layak untuk diminum adalah air putih yang bebas dari gula dan kalori, karena yang demikian merupakan pilihan yang tepat untuk menjaga tubuh agar memiliki kadar cairan yang cukup. Selain itu ada banyak sekali manfaat dari minum air putih, diantaranya

1. Menjaga kesehatan kulit


Ternyata dengan minum air putih dengan kadar yang pas akan membuat kulit semakin fresh dan glowing tanpa harus pergi ke klinik skincare. Karena dengan minum air putih akan mengeluarkan semua racun dari dalam tubuh seseorang.

2. Menghilangkan dehidrasi


Dengan minum air putih maka secara tidak langsung akan menjaga kadar cairan tubuh, sehingga tubuh tidak akan mengalami gangguan pada fungsi pencernaan, dan penyerapan makanan serta suhu tubuh akan normal.

3. Membantu menjaga berat badan

Selain dengan mendonorkan darah, minum air putih juga dapt mengendalikan asupan kalori tubuh. Secara tidak langsung, air putih membuat tubuh kita kenyang dan secara otomatis dapat mengurangi porsi makanan. Minum air putih juga dianjurkan dalam menjaga berat badan dibandingkan dengan mengkonsumsi minuman dengan kalori yang tinggi.

4. Sebagai mempercantik diri


Siapa yang tidak tahu, ternyata air putih juga sangat baik bagi kecantikan tubuh, diantaranya dapat memulihkan kulit dari sunburn(kulit terbakar), mengurangi jerawat, dapat mengurangi rambut rontok, membuat kuku lebih kuat, serta yang tidak kalah pentingnya lagi dapat menghambat penuaan dini.

5. Memberikan energi pada otot


Air putih dapat memberikan energi pada otot serta dapat melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Karena dengan tidak seimbangnya cairan dalam tubuh akan membuat tubuh cepat lelah.

6. Kurangi Dampak Negatif Dari Alkohol


Alkohol bisa bikin Anda seringkali untuk keluarkan air kecil. Bila Anda kerap nongkrong di bar pastinya kerap menelan alkohol yang sesungguhnya tak berguna sekalipun.
Beberapa pakar mereferensikan tiap-tiap orang yang sudah banyak minum alkohol untuk perbanyak minum air putih sebelumnya tidur supaya efek negatif dari alkohol jadi lebih sedikit.

7.  Menangani Napas Bau 

 
Napas tak enak atau aroma mulut yang bau menyengat adalah satu diantara aspek menjauhnya seorang dari Anda. Bila telah demikian Anda bakal tersingkirkan dari pergaulan. Bila tidak mau berlama-lama terpuruk dalam rasa sedih, tambah baik Anda mencari jalan keluar dari permasalahan yang tengah Anda hadapi.

Bau mulut dikarenakan oleh kurangnya minum air hingga mulut jadi lembab serta tidak bisa menyapu partikel makanan dan mempercepat perkembangan bakteri penyebabnya bau mulut.

Cara minum yang benar
 


Air putih sangatlah bermanfaat dalam menjaga metabolisme tubuh. Namun selama ini, tanpa sadar kita telah minum air putih dengan cara yang salah. Lalu bagaimana dengan cara yang benar,

1. Dalam keadaan duduk


 Sama halnya dengan makan, minum juga haruslah dalam keadaan duduk. Minum dalam keadaan berdiri akan membahayakan ginjal karena air akan langsung menuju ke kandung kemih tanpa disaring terlebih dahulu.


2. Secara bertahap 

 
Janganlah minum air dalam satu waktu, tetapi harus secara bertahap.Misal dengan cara minum 1 gelas air setelah bangun tidur, 1 gelas air sebelum atau sesudah sarapan, 1 gelas air sebelum dan sesudah makan siang, 1 gelas air sebelum dan setelah makan malam, dan 1 gelas sebelum tidur.

3. Minum sebelum dan sesudah tidur 


Minum pada saat sebelum tidur dapat memperlancar detoksifikasi sedangkan minum air putih setelah tidur dapat mengeluarkan racun serta mengurangi gejala infeksi.

4. Sesuaikan dengan waktu sebelum dan sesudah makan 


34 menit sebelum makan memang waktu yang disarankan untuk minum air putih karena dapat membantu pencernaan bekerja dengan baik. Jangan minum banyak air sebelum atau sesudah anda makan. Isi 50 % dengan makanan, 25% dengan air, dan 25% biarkan perut kosong.

Pasti saat ini Anda sudah mengetahui kalau usaha untuk meyakinkan tubuh tetaplah sehat dapat dikerjakan lewat cara yang gampang, satu diantaranya minum banyak air putih sesuai sama banyak kesibukan yang Anda kerjakan.
Semoga bermanfaat. 

Mengenai pola hidup sehat ini, saya juga browsing di situs kesehatan https://bit.ly/2xCxrjL. Di sana kita akan menemukan banyak sekali informasi terkait dengan pola hidup yang sehat. 
Serta untuk mengenai hal-hal yang berkaitan dengan donor darah saya membrowsing di situs kesehatan https://bit.ly/2xDrdAi.
Di dalam situs tersebut kita akan banyak menemukan informasi seputar donor darah dan manfat-manfaat yang di dapat dari donor darah. Ayo, ciptakan hari tua yang bahagia dengan pola hidup sehat dari sekarang. 





 

Komentar

Postingan Populer