Pola Hidup Sehat



 Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan
#AksiSehatCeria


Donor darah bisa dikatakan aktivitas donor darah dilakukan secara sukarela atau percuma. Donor darah tak hanya bermanfaat bagi sang penerima (resipien) semata. Sang pendonor pun mendapat manfaat yang luar biasa dari melakukan donor darah secara rutin. Setidaknya hal tersebut telah terbukti secara medis dan disetujui oleh banyak ahli. Di bawah ini adalah manfaat dari donor darah, yaitu sebagai berikut

1. Melancarkan Sirkulasi Darah


Melakukan donor darah secara rutin dapat membantu melancarkan sirkulasi darah sehingga penyumbatan pada pembuluh arteri dapat dihindari. Riset membuktikan, bahwa donor darah juga dapat menurunkan resiko terserang penyakit serangan jantung hingga angka 88%.

2. Menetralkan Kadar Zat Besi

 
Meskipun tubuh membutuhkan zat besi, tapi jika kelebihan dalam menyerap zat tersebut maka akan memberikan dampak pada kesehatan. Untuk mengatasinya, maka bisa mengikuti kegiatan donor darah secara berkesinambungan. Hal tersebut dapat membantu penurunan kandungan zat besi dalam tubuh.

3. Mencegah Penyakit Jantung


Salah satu faktor yang menyebabkan seseorang mengidap penyakit jantung adalah karena tingginya kadar zat besi pada darah. Sehingga kemudian menimbulkan gangguan kinerja pada fungsi otot jantung. Sementara itu, mendonorkan darah dapat menjadi langkah terbaik untuk menurunkan kadar zat besi.

4. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

 
Melakukan donor darah sudah pasti akan mengurangi jumlah sel darah merah yang terdapat dalam tubuh si pendonornya. Jika sel eritrosit berkurang, maka sumsum tulang belakang akan langsung terangsang untuk mengganti darah yang hilang. Hal tersebutlah yang kemudian membuat produksi sel darah merah baru di dalam tubuh menjadi meningkat secara drastis.

5. Meningkatkan Fungsi Antioksidan

 
Sebuah riset mengungkapkan, bahwa manfaat donor darah secara teratur berperan penting dalam meningkatkan fungsi kerja antioksidan pada tubuh. Seperti yang diketahui, bahwa antioksidan memiliki manfaat sangat penting karena dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Selain itu, antioksidan juga dapat menjaga kesehatan serta kecantikan.

6. Mencegah Kanker

 
Risiko terserang penyakit mematikan bernama kanker pada pendonor darah rutin terbukti sangat minim. Hal ini dikarenakan tubuh selalu melakukan penggantian sel darah baru secara rutin, yang tentunya lebih bagus dan berkualitas. Beberapa kanker yang dapat ditangkal dengan donor darah antara lain; kanker paru-paru, hati, perut, tenggorokan, dan usus besar.

7. Meredakan Stres

 
Tingkat stres pada para pendonor darah memang terbukti lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak pernah melakukannya. Bukan hanya karena perasaan bahagia sebab sudah bisa membantu orang lain. Tapi pergantian sel darah dari yang lama ke baru ini telah teruji ampuh sebagai relaksasi alami. Sehingga pikiran menjadi lebih rileks dan stabil.

8. Menjaga Kesehatan Tubuh

 
Ingin mendapatkan tubuh sehat dan kuat hingga memasuki usia tua? Maka jangan ragu untuk ikut melakukan donor darah. Kegiatan positif ini nyatanya memang sangat manjur dalam menjaga kesehatan tubuh. Salah satu sebabnya adalah dikarenakan mengalirkan sel darah merah yang selalu baru di dalam tubuh. Sehingga risiko terserang penyakit dapat diminimalisir.

9. Meningkatkan Kinerja Ginjal


Ginjal merupakan salah satu komponen organ tubuh yang memiliki peran penting. Terganggunya kerja ginjal dapat memberikan efek samping bagi kesehatan seseorang. Untuk mecegah terjadinya hal tersebut, maka rajinlah mendonorkan darah.

10. Mengetahui Gangguan Pada Kesehatan

 
Sebelum mendonorkan darah, maka pendonor diharuskan mengikuti tes dan pemeriksaan kesehatan guna memastikan bahwa kondisi tubuh serta darah stabil. Diantaranya tekanan darah, suhu tubuh, kadar hemoglobin, denyut nadi, kondisi fisik, dan lain sebagainya.

11. Menurunkan Kadar Seng Dalam Darah

 
Kelebihan zat seng dalam darah akan mengakibatkan gangguan kesehatan pada seseorang. Selain dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat-obatan tertentu, kondisi ini juga dapat ditanggulangi dengan mendonorkan darah.

Menyelamatkan Nyawa Orang Lain


Donor darah merupakan salah satu bentuk tindakan sosial yang sangat mulia, karena ini menyangkut dengan hubungan manusia dengan manusia bahkan dapat menyelamatkan nyawa orang lain jika orang tersebut sedang dalam membutuhkan darah yang cocok.

Selain pekerjaan mulia mendonor darah juga memberi manfaat luar biasa pada tubuh kita, si Pendonor akan mendapatkan manfaat hilangnya berbagai macam jenis penyakit di dalam tubuh dan Menjaga kesehatan jantung, membuat darah mengalir lebih lancar. Meningkatkan produksi sel darah merah. Memperpanjang usia juga sangat Membantu menyelamatkan nyawa orang lain.


Mengenai pola hidup sehat ini, saya juga browsing di situs kesehatan https://bit.ly/2xCxrjL. Di sana kita akan menemukan banyak sekali informasi terkait dengan pola hidup yang sehat. 
Serta untuk mengenai hal-hal yang berkaitan dengan donor darah saya membrowsing di situs kesehatan https://bit.ly/2xDrdAi.
Di dalam situs tersebut kita akan banyak menemukan informasi seputar donor darah dan manfat-manfaat yang di dapat dari donor darah. Ayo, ciptakan hari tua yang bahagia dengan pola hidup sehat dari sekarang. 































Komentar

Postingan Populer